Langsung ke konten utama

Perjanjian International

Perjanjian internasional adalah kesepakatan antara dua atau lebih subyek hukum internasional (misalnya negara, lembaga internasional) yang menurut hukum internasional menimbulkan hak dan kewajiban bagi para pihak yang membuat kesepakatan.

MACAM- MACAM PERJANJIAN INTERNASIONAL

Ada beberapa kriteria untuk mengelompokkan perjanjian internasional, antara lain berdasarkan: jumlah pesertanya, strukturnya, obyeknya, cara berlakunya, instrumen pembentuk perjanjiannya antara lain:

(i). Menurut jumlah pesertanya, perjanjian internasional dapat berupa perjanjian bilateral (bila melibatkan dua negara saja) misalnya perjanjian RI dengan RRC mengenai Dwikenegaraan pada tahun 1954; atau multilateral (bila melibatkan lebih dari dua negara) misalnya Konvensi Jenewa 1949 tentang Perlindungan Korban Perang.

(ii). Menurut strukturnya, perjanjian internasional ada yang bersifat law making artinya mengandung kaidah hukum yang dapat berlaku bagi semua negara di dunia, misalnya Konvensi Hukum Laut tahun 1958, Konvensi Wina tahun 1961 mengenai Hubungan Diplomatik, ada pula yang bersifat contract, yaitu hanya menimbulkan hak dan kewajiban bagi para pihak yang membuat perjanjian saja. Misalnya: Perjanjian Ekstradisi 1974 antara Indonesia dan Malaysia.

(iii). Dari segi obyeknya, perjanjian internasional dapat dibagi menjadi perjanjian yang berisi soal-soal politik dan perjanjian yang berisi masalah-masalah ekonomi, budaya, dan lain-lain.

(iv). Dari segi cara berlakunya, ada yang bersifat self executing (berlaku dengan sendirinya), ada pula yang bersifat non self-executing. Disebut self executing, bila sebuah perjanjian internasional langsung berlaku setelah diratifikasi oleh negara tertentu. Bila harus dilakukan perubahan UU terlebih dahulu sebelum berlaku, maka perjanjian internasional itu disebut non self-executing.

(v). Berdasarkan instrumennya, maka perjanjian internasional (PI) ada yang berbentuk tertulis, ada pula yang lisan. PI tertulis dituangkan dalam bentuk formal secara tertulis, antara lain berupa treaty, convention, agreement, arrangement, charter, covenant, statute, constitution, protocol, declaration, dan lain-lain.

TAHAP- TAHAP PERJANJIAN INTERNASIONAL

1. Menurut para ahli:

Menurut Mochtar Kusumaatmaja (1982), dilihat dari praktik yang dilakukan beberapa negara, ada dua cara pembentukan perjanjian internasional (PI), yaitu:
1. PI yang dibentuk melalui tiga tahap, yaitu: perundingan, penandatanganan dan ratifikasi. Ini dilakukan untuk hal-hal yang sangat penting sehingga perlu persetujuan DPR.
2. Ada juga yang hanya melalui dua tahap yaitu perundingan dan penandatanganan. Ini dibuat untuk mengatur hal-hal yang mendesak namun tidak begitu penting, misalnya perjanjian perdagangan jangka pendek.

Hal yang hampir sama disampaikan oleh Pierre Fraymond (1984) yaitu ada dua prosedur pembuatan PI:
1. Prosedur Normal atau Klasik, yaitu yang menghendaki persetujuan parlemen, melalui tahap-tahap perundingan (negotiation), penandatanganan (signature), persetujuan parlemen (the approval of parliament) dan ratifikasi (ratification).
2. Prosedur yang disederhanakan atau simplified procedure, yang tidak mensyaratkan persetujuan parlemen ataupun ratifikasi karena memerlukan penyelesaian yang cepat.

2.Menurut hukum positif Indonesia:

Dalam Pasal 11 UUD 1945 dikatakan bahwa Presiden dengan persetujuan DPR membuat perjanjian dengan negara lain. Hal ini lebih lanjut diatur dalam UURI No. 24 Tahun 2000. Dalam Pasal 4 dikatakan bahwa pembuatan PI antara pemerintah RI dengan negara lain dilaksanakan berdasarkan kesepakatan dan itikad baik, berpedoman kepada kepentingan nasional dan prinsip-prinsip persamaan kedudukan, saling menguntungkan, dan di samping memperhatikan kepentingan nasional juga hukum internasional yang berlaku.

Menurut UU tersebut, pembuatan PI dilakukan melalui tahap-tahap: penjajakan, perundingan, perumusan naskah, penerimaan dan penandatanganan, kemudian diikuti pengesahan apabila memang disyaratkan oleh PI tersebut. Aksesi adalah istilah yang digunakan apabila negara yang akan mengesahkan suatu PI tidak turut menandatangani naskah perjanjian. Pengesahan PI oleh Pemerintah RI dapat dilakukan melalui UU yaitu apabila isinya sangat penting ataupun melalui Keputusan Presiden.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Download Cisco Packet Tracer 5.3.3 Terbaru dan Modul Lengkap

Cisco Packet Tracer adalah sebuah program simulasi yang memungkikan kita untuk melakukan percobaan dalam Jaringan, sehingga memudahkan kita untuk belajar tentang Jaringan. Kita tidak perlu membeli peralatan dan hardwarenya, karena hampir semua peralatan dan hardware jaringan sudah ada dalam program simulasi ini. Software ini dapat membantu dalam belajar networking dengan mudah dengan tampilan interface yang mudah dipahami dan lebih mudah dimengerti, sangat cocok untuk yang ingin menggeluti dunia networking. Langsung saja download softwarenya yang sudah lengkap beserta modulnya. download paket tracer 5.3.3   download modul paket tracer 5.3.3  

Cara Mendapatkan 11 Power Berries di Harvest Moon Back To Nature

Bagi yang suka main game Harvest Moon Back To Nature dan yang masih main hingga sekarang, kamu mungkin bertanya bagai mana cara mendapatkan 11 Power Berries tanpa di Game Shark, saya punya nih cara mendapatkan semua Power Berries, eh tunggu dulu Power Berries berfungsi untuk menambah stamina, dan supaya tidak mudah lelah saat bekerja. Ini dia cara mendapatkan 11 Power Berries. 1. Cobalah untuk menebang pohon di Ibu Hill (melewati danau dan di atas jembatan). Ini akan berbicara kepada Anda, dan memberikan Anda pilihan apakah akan melanjutkan atau menghentikan pemotongan, mengatakan berhenti dan Anda akan mendapatkan sebuah PB. 2. Tambang di tambang belakang air terjun, akhirnya Anda akan mendapatkan sebuah PB. 3. Tambang di Tambang Musim Dingin, akhirnya Anda akan mendapatkan sebuah PB. 4. Win Festival Renang di musim panas. 5. Lemparkan lima item (satu per hari) ke dalam kolam Dewi (berdiri di mana di balik air terjun untuk membuang hal-hal dalam) dan dia akan memberi

download buku panduan game harvest moon back to nature

Harvest Moon adalah sebuah game yang sangat melegenda bagi para gamer di seluruh dunia. mulai dari bercocok tanam , menambang , menikah , hingga punya anak. maka dari itu saya telah membuat sebuah buku panduan buat kalian para pecinta gama harvest moon ini. silahkan yang mau download buku panduannya GRATIS...!!!  ^_^ download in here !