Langsung ke konten utama

Google Ingin Ganti Password dengan "Cincin"

KOMPAS.com Pernah merasa kerepotan dengan akun online berikut rangkaian password yang jumlahnya sangat banyak? Hal tersebut coba diatasi oleh Google yang mengembangkan sebuah dongle hardware berbentuk cincin.

Cincin tersebut nantinya bisa mengambil alih fungsi otentikasi pengguna di situs-situs online yang biasanya dilakukan melalui password. Karena semua akun bisa diakses dengan satu kunci hardware, risiko menggunakan password yang sama untuk beberapa akun berbeda pun bisa diminimalkan.

Berbicara dalam konferensi sekuriti RSA di San Francisco, AS minggu lalu, Insinyur Bidang Keamanan Google, Mayank Upadhyay, mengatakan bahwa raksasa internet itu kini sedang menguji kunci hardware berbentuk USB flashdisk.

Di dalam token USB ini terdapat chip yang menyimpan kunci kriptografis spesifik untuk tiap-tiap token. Ketika ditancapkan di komputer, proses validasi dilakukan melalui verifikasi matematis oleh akun online yang akan diakses menggunakan token USB itu.

Nah, kunci hardware berbentuk cincin diciptakan Goolge untuk mereka yang tidak ingin terpisah dengan kunci hardware mereka atau menghilangkannya. "Soalnya, tak semua orang merasa nyaman dengan kunci USB," ujar Upadhyay, seperti dikutip dari Technology Review.

Selain kunci-kunci hardware ini, Google juga sedang menguji perangkat keamanan lain. "Yang kami sedang sangat usahakan adalah (kunci keamanan) yang tergabung dalam browser, jadi Anda tak perlu lagi repot-repot memasang middleware atau yang lain-lain," tambah Upadhyay.

Rangkaian perangkat tersebut saat ini masih berada dalam tahap pengembangan awal. Google pun masih perlu menggandeng rekanan-rekanan yang bersedia menggunakan teknologi itu. Apabila berhasil diterapkan, boleh jadi netter masa depan nantinya tak perlu lagi menghafal password panjang yang rumit.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Download Cisco Packet Tracer 5.3.3 Terbaru dan Modul Lengkap

Cisco Packet Tracer adalah sebuah program simulasi yang memungkikan kita untuk melakukan percobaan dalam Jaringan, sehingga memudahkan kita untuk belajar tentang Jaringan. Kita tidak perlu membeli peralatan dan hardwarenya, karena hampir semua peralatan dan hardware jaringan sudah ada dalam program simulasi ini. Software ini dapat membantu dalam belajar networking dengan mudah dengan tampilan interface yang mudah dipahami dan lebih mudah dimengerti, sangat cocok untuk yang ingin menggeluti dunia networking. Langsung saja download softwarenya yang sudah lengkap beserta modulnya. download paket tracer 5.3.3   download modul paket tracer 5.3.3  

Cara Mendapatkan 11 Power Berries di Harvest Moon Back To Nature

Bagi yang suka main game Harvest Moon Back To Nature dan yang masih main hingga sekarang, kamu mungkin bertanya bagai mana cara mendapatkan 11 Power Berries tanpa di Game Shark, saya punya nih cara mendapatkan semua Power Berries, eh tunggu dulu Power Berries berfungsi untuk menambah stamina, dan supaya tidak mudah lelah saat bekerja. Ini dia cara mendapatkan 11 Power Berries. 1. Cobalah untuk menebang pohon di Ibu Hill (melewati danau dan di atas jembatan). Ini akan berbicara kepada Anda, dan memberikan Anda pilihan apakah akan melanjutkan atau menghentikan pemotongan, mengatakan berhenti dan Anda akan mendapatkan sebuah PB. 2. Tambang di tambang belakang air terjun, akhirnya Anda akan mendapatkan sebuah PB. 3. Tambang di Tambang Musim Dingin, akhirnya Anda akan mendapatkan sebuah PB. 4. Win Festival Renang di musim panas. 5. Lemparkan lima item (satu per hari) ke dalam kolam Dewi (berdiri di mana di balik air terjun untuk membuang hal-hal dalam) dan dia akan memberi

download buku panduan game harvest moon back to nature

Harvest Moon adalah sebuah game yang sangat melegenda bagi para gamer di seluruh dunia. mulai dari bercocok tanam , menambang , menikah , hingga punya anak. maka dari itu saya telah membuat sebuah buku panduan buat kalian para pecinta gama harvest moon ini. silahkan yang mau download buku panduannya GRATIS...!!!  ^_^ download in here !