Langsung ke konten utama

Panjangnya Proses Jadi Karyawan Google


KOMPAS.com — Siapa yang tidak mengenal Google? Perusahaan raksasa internet ini awalnya dikenal sebagai situs yang menyediakan layanan mesin pencari (search engine).

Dengan berjalannya waktu, Google terus berkembang. Perusahaan ini tidak hanya fokus ke dunia search engine, tetapi sudah membuat sistem operasi mobile, Android, hingga perangkat kacamata masa depan, Google Glass.

Dengan reputasinya yang terus meningkat, tidak heran Google menjadi target dari para pencari kerja. Google pun tidak sembarangan dalam menerima seorang karyawan. Tidak hanya disertai dengan skill yang cukup, seorang karyawan Google harus memiliki kreativitas yang tinggi.

Proses perekrutan yang dilakukan oleh Google terhadap calon karyawannya pun diketahui sangat panjang. Total, seorang calon karyawan Google bisa saja menghadapi hingga tujuh kali proses wawancara.

Pengalaman mengikuti proses perekrutan karyawan Google sempat dituturkan oleh Andryo Haripradono dalam blog pribadinya. Warga negara Indonesia ini pernah melamar untuk Digital Media Consultant di Google Singapura.

"Proses (perekrutan) akan memakan waktu 1 bulan lebih karena kira-kira untuk posisi yang saya ini akan diadakan 4 sampai 5 wawancara," tulis Andryo dalam blog-nya, www.andryo.com.

Saat proses tersebut, kebetulan Andryo sedang bekerja di Sydney, Australia. Hal tersebut membuat Aryo tidak bisa memenuhi panggilan Google untuk melakukan wawancara di Singapura. Namun, akhirnya wawancara bisa dilakukan melalui telepon dan juga video conference.

Dalam wawancara pun, terkadang tim pewawancara Google akan menanyakan pertanyaan-pertanyaan abstrak yang sangat sulit untuk dijawab. Sayangnya, contoh pertanyaan tersebut tidak bisa disebutkan karena si calon karyawan harus menandatangani perjanjian non-disclosure agreement untuk tidak membocorkan informasi apa pun.

"Cukup sulit pertanyaan-pertanyaan yang ditanyakan. Kebanyakan pertanyaannya bukan tentang hal-hal yang bisa dipelajari, tapi lebih ingin melihat seberapa kreatifnya saya," lanjut Andryo.

Walaupun semua proses wawancara tersebut berlangsung lancar, belum tentu seorang calon bisa langsung diterima. Calon tersebut harus menunggu penilaian akhir dari Google pusat.

"Ternyata 5 wawancara itu baru hanya setengah jalan. Mereka harus mengirimkan profile saya ke Google di Amerika, untuk dinilai oleh hiring committee," ungkap Andryo.

Sayangnya, Andryo tidak diterima oleh Google. Walaupun memiliki pengalaman yang baik di bidang digital media dan online marketing, Google tak menerima Andryo karena baru bekerja selama 3 bulan di tempatnya bekerja hingga saat ini.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Download Cisco Packet Tracer 5.3.3 Terbaru dan Modul Lengkap

Cisco Packet Tracer adalah sebuah program simulasi yang memungkikan kita untuk melakukan percobaan dalam Jaringan, sehingga memudahkan kita untuk belajar tentang Jaringan. Kita tidak perlu membeli peralatan dan hardwarenya, karena hampir semua peralatan dan hardware jaringan sudah ada dalam program simulasi ini. Software ini dapat membantu dalam belajar networking dengan mudah dengan tampilan interface yang mudah dipahami dan lebih mudah dimengerti, sangat cocok untuk yang ingin menggeluti dunia networking. Langsung saja download softwarenya yang sudah lengkap beserta modulnya. download paket tracer 5.3.3   download modul paket tracer 5.3.3  

Cara Mendapatkan 11 Power Berries di Harvest Moon Back To Nature

Bagi yang suka main game Harvest Moon Back To Nature dan yang masih main hingga sekarang, kamu mungkin bertanya bagai mana cara mendapatkan 11 Power Berries tanpa di Game Shark, saya punya nih cara mendapatkan semua Power Berries, eh tunggu dulu Power Berries berfungsi untuk menambah stamina, dan supaya tidak mudah lelah saat bekerja. Ini dia cara mendapatkan 11 Power Berries. 1. Cobalah untuk menebang pohon di Ibu Hill (melewati danau dan di atas jembatan). Ini akan berbicara kepada Anda, dan memberikan Anda pilihan apakah akan melanjutkan atau menghentikan pemotongan, mengatakan berhenti dan Anda akan mendapatkan sebuah PB. 2. Tambang di tambang belakang air terjun, akhirnya Anda akan mendapatkan sebuah PB. 3. Tambang di Tambang Musim Dingin, akhirnya Anda akan mendapatkan sebuah PB. 4. Win Festival Renang di musim panas. 5. Lemparkan lima item (satu per hari) ke dalam kolam Dewi (berdiri di mana di balik air terjun untuk membuang hal-hal dalam) dan dia akan memberi

download buku panduan game harvest moon back to nature

Harvest Moon adalah sebuah game yang sangat melegenda bagi para gamer di seluruh dunia. mulai dari bercocok tanam , menambang , menikah , hingga punya anak. maka dari itu saya telah membuat sebuah buku panduan buat kalian para pecinta gama harvest moon ini. silahkan yang mau download buku panduannya GRATIS...!!!  ^_^ download in here !